Kamis, 07 Mei 2015

Suzuki Celerio


Suzuki Celerio adalah mobil jenis City Car bermesin bensin berkapasitas silinder 1000 cc, memiliki kapasitas penumpang 4 orang dewasa (ideal) atau 5 orang (maksimal), mesin Suzuki Celerio dapat menghasilkan tenaga sampai 68 Hp sedikit lebih besar dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang memiliki tenaga 65 Hp sedangkan konsumsi bahan bakar suzuki celerio adalah 23 km/ 1 Liter (23 kilometer untuk tiap liter BBMnya)
Info harga dan promo bisa hub marketing kami :
Herry Sanjaya

Sekilas dari spesifikasi mesin dan ornamen yang melekat pada mobil ini bisa dikatakan Suzuki
Celerio masuk dalam kategori mobil Low End (sekelas wagon R), Suzuki Celerio bakal di pamerkan di IIMS 2014 tanggal 18 september nanti yang kemudian akan mulai dipasarkan tahun 2015. Ok berikut kita ulas spesifikasi suzuki celerio ini
 
EKSTERIOR
Suzuki Celerio tergolong mobil kompak (mobil kecil) dengan bobot sekitar 1250 kg (di Indonesia dikenal dengan sebutan city car), mobil ini memiliki panjang 3600 mm, lebar 1600 mm, tinggi 1560 mm dan jarak terendah dengan tanah 16,5 cm. Dari dimensi mobil ternyata Celerio memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan dayhatsu ayla dan toyota agya yang memiliki panjang 3580 mm (selisih 20 mm), akan tetapi celerio juga lebih tinggi sekitar 30 mm dibandingkan dengan toyota agya dan daihatsu ayla  (cukup besar untuk kelas mmmobil city car). Meskipun ini adalah ukuran eksterior akan tetapi ukuran unterior kurang lebih juga mengikuti eksterior mobil, kesimpulan awal adalah dalam kabin celerio lebih besar volumenya jika dibandingkan dengan rivalnya (Agya dan Ayla).
Sebagai mobil murah Suzuki Celerio terbilang cukup baik dari sisi eksterior (tampilan mobil), seperti headlamp mobil ini dibuat lebih besar sehingga mampu menerangi jalan dengan lebih baik, pembenaman lampu kabut pada bumper depan mobil ini semakin membuktikan bahwa mobil ini cukup mumpuni dalam penerangan meskipun keadaan berkabut. Kesan garang sengaja tidak ditampilkan oleh suzuki celerio karena memang mobil ini tidak memiliki kecepatan yang cukup baik (maklum mobil low end), sebaliknya kecan casual yang coba ditampakkan dari tampilan mobil ini seperti desain body yang sederhana namun cukup fungsional dan enak dilihat.
Untuk bagian samping body mobil ini terlihat berlekuk dari depan ke belakang? ternyata lekuk 
tersebut adalah sistem aerodinamis mobil yang akan memudahkan mengalirkan udara dari depan mobil ke belakang sehingga gesekan dengan angin menjadi semakin kecil (hasilnya mobil lebih tabil), lekuk aerodinamis ini sangat diperlukan dan terasa manfaatnya ketika pengemudi memacu mobil pada kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan (akan terasa stabil meskipun menerpa angin dengan cepat). Pada bagian atap kabin juga di desain memiliki desain aerodinamis cukup baik dengan sedikit lengkungan yang memudahkan udara dari atas kap mobil mengalir melalui atap kabin mobil.
Pada bagian kaki-kaki mobil ini sudah menggunakan velg alumunium yang lebih ringan dan lebih stabil, terasa kestabilannya dibanding velg kaleng saat berada di jalan tol. Pada bagian spion memang sudutnya masih diatur secara manual, akan tetapi yang menyenangkan sudah ada lampu sein yang disematkan pada spion :-) cukup istimewa untuk mobil kelas bawah. Sementara Suzuki Celerio memiliki 4 pintu penumpang dan 1 pintu bagasi belakang.

Interior
Suzuki Celerio menerapkan maximize spase alias memanfaatkan sekecil mungkin tempat yang bisa sebagai kabin, artinya diusahakan volume kabin seluas mungkin berdasarkan dimensi eksterior yang disebutkan di atas. Begitu masuk kabin ada beberapa ornamen/ desain yang cukup menyita perhatian antara lain:
1. Tombol audio swicth steering pada stir (lingkar kemudi)
2.  Adalnya Leg Room di sisi-sisi kabin (pada pintu bagian dalam), kursi mobil juga dirancang sangat nyaman untuk sandaran kepala
3. Pada bagian tengah lingkar kemudi cukup menonjol seperti airbags, akan tetapi kami yakin itu bukanlah airbags karena pada spesifikasi mobil ini memang tidak menyebutkan adanya SRS airbags untuk safety fiturnya.
4. Karpet yang tertata rapi yang dibuat sewarna dengan jok kursi mobil sehingga terasa lebih bersih dan nyaman saja menurut kami.

5. Desain kursi baris kedua yang bisa dilipat sehingga menambah luas bagasi mobil. jika pecinta otomotif membutuhkan bagasi yang lebih besar maka pecinta otomotif bisa melipat bangku baris ke dua Selain hal di atas ornamen lain adalah desain MID (speedometer dan odometer) yang cenderung tidak istimewa (sedang), sistem audio sudah lumayan mampu dikoneksikan dengan gadget (menggunakan bluetooth), mobil ini juga sudah dilengkapi dengan pengatur suhu (AC) meskipun tidak istimewa. Sebagai mobil murah interior Suzuki Celerio termasuk baik di kelasnya (mobil low end). 
Spesifikasi Mesin
Suzuki Celerio memakai mesin berkode K10B, yakni mesin bermaterial alumunium berbahan bakar bensin dengan kapasitas ruang bakar (kapasitas silinder) sebesar 998 cc dibulatkan 1000 cc, mesin celerio ini memakai silinder dengan jumlah 3 buah saja dan jumlah katup 12 (mesin 3 silinder), sementara untuk tenaga yang mampu dihasilkan mesin celerio adalah 68 horse power cukup baik di kelasnya (sebagai perbandingan toyota agya hanya memiliki tenaga 65 Hp). 68 Horse power tersebut dapat dicapai pada putaran mesin 600 Rpm, sedangkan untuk torsi mobil ini adalah 90 Nm pada putaran mesin 3500 Rpm Untuk konsumsi bahan bakar suzuki celerio cukup hemat dimana mobil ini mampu menempuh jarak 23 km untuk tiap 1 liter bbmnya (rute 
jalan bebas hambatan), sebagai perbandingan toyota agya dan daihatsu ayla memiliki konsumsi BBM 20 km untuk 1 liter bbmnya (rute jalan bebas hambatan). Sistem transmisi Suzuki Celerio memakai transmisi manual 5 kecepatan dengan Auto Gear Shift yakni tuas transmisi yang didesain lebih mudah dalam mengoperasionalkan sistem transmisi manual Celerio, untuk kenyamanan mengemudi mobil Celerio sudah dilengkapi dengan EPS (power steering elektrik) sehingga pengemudi cukup ringan dalam memutar setir (ringan mengemudikan) 
 

Sistem Keselamatan/ Safety
Suzuki Celerio memang belum bisa dikatakan memiliki sistem keselamatan yang bagus, hal ini terkait dengan harga jual mobil yang murah sehingga pihak produsen juga memangkas piranti keselamatan pada mobil ini seperti tidak adanya SRS Airbags, dan fitur keselamatan lain. Berikut adalah fitur keselamatan pada mobil ini:
Rem: depan menggunakan cakram, belakang menggunakan drum (belum menerapkan teknologi ABS dan EBD)
Sabuk pengaman: ada di tiap kursi
Praktis mobil ini tidak didukung teknologi keselamatan modern, hanya keselamatan minimum (sabuk pengaman dan rem), jika dibandingkan dengan mobil-mobil di kelas yang lebih tinggi memang sistem keselamatan pada mobil ini sangat kurang. Akan tetapi jika melihat mobil-mobil lain yang sekelas seperti Ayla dan Agya sistem keselamatannya juga sama seperti ini :-)
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan mobil ini adalah harganya murah, dan tenaga mesinnya juga lumayan (jika dibandingkan dengan rival), sementara kekurangan mobil ini adalah pada sistem keselamatan yang kami rasa sangat standar untuk ukuran mobil jaman sekarang. Jika dirangkum maka Suzuki Celerio jika dibanding dengan rivalnya memiliki nilai
Mesin : lumayan bagus
Desain eksterior : sedang
Desain interior : bagus
Keselamatan : bagus
Kenyamanan mengemudi: bagus
Kenyamanan penumpang: sedang